Apakah Pemilik Kolesterol Tinggi Harus Menghindari Makan Seafood?

Posted on Posted in Kesehatan

Makanan yang Anda makan memang bisadi memengaruhi kadar kolesterol darah Anda. Hal ini sebabkan karena kolesterol yang terkandung dalam makanan dengan bentuk lemak jenuh serta lemak trans- bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah Anda. American Heart Association pun memberikan saran supaya Anda mengonsumsi lemak jenuh kurang dari 7% kalori harian serta lemak trans kurang dari 1% kalori harian.

Sudah tahukah seafood apa saja yang memiliki kandunga kolesterol tinggi? Jika belum tahu, maka anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.
1. Tiram dan kerang
Tiram dan kerang termasuk seafood yang meiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. 19 kerang ukuran kecil dan sebanyak 6 tiram ukuran sedang memiliki kandungan kolesterol sebesar 58 mg.
2. Kepiting
Kepiting juga termasuk seafood yang meiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Kandungan kolesterol sebesar 71 mg terkandung dalam 3 ons daging kepiting.
3. Lobster
Lobster juga termasuk seafood yang meiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Kandungan 61 mg kolesterol terdapat dalam 3 ons daging lobster.
4. Udang
Udang juga termasuk seafood yang meiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Kandungan kolesterol sebanyak 155 mg terkandung dalam satu porsi udang dengan 15 udang ukuran besar.

Beberapa seafood seperti sudah disebutkan di atas memang mengandung kolesterol tinggi, tetapi Anda tidak harus benar-benar menghindarinya. Walaupun mengandung kolesterol, seafood juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bisa melindungi kesehatan jantung Anda. Bagi penderita kolesterol, yang paling baik dan sebaiknya di lakukan adalah membatasi (bukan menghindari) dalam mengkonsumsi seafood.

Satu hal lagi yang penting dan perlu untuk Anda lakukan yaitu memperhatikan metode memasak yang digunakan dalam mengolah seafood. Metode memasak dapat memengaruhi kandungan kolesterol yang terdapat dalam hidangan seafood Anda.
Hindari memasak seafood dengan cara menggoreng. Mengapa demikian? Karena ini hanya akan menambah lemak jenuh serta lemak trans ke dalam seafood yang Anda makan. Salah satu cara terbaik dalam mengolah seafood yaitu dengan membakar, memanggang, maupun mengukus. Jadi faroka sarankan bagi anda yang ingin mengkonsumsi seafood, sebaiknya dengan cara di bakar maupun dengan di kukus. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *