Akibat Kurang Serat Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on Posted in Kesehatan

Manusia membutuhkan serat makanan untuk tetap sehat. Apabila kurang serat dapat menimbulkan berbagai macam resiko kesehatan dan gangguan pencernaan. Maka dari itu sangat penting dalam mencukupi serat setiap harinya. Serat merupakan nutrisi yang amat penting untuk proses pencernaan, karena memiliki kemampuan untuk mengikat lemak yang berasal dari makanan, kemudian diikat dan dicerna oleh sistem pencernaan dalam tubuh kita.

Selain semua itu, masih ada banyak fungsi serat dalam tubuh, meskipun sebagian besarnya untuk kesehatan pencernaan. Fungsi lain dari serat diantaranya adalah menurunkan kadar kolesterol dan dapat menurunkan berat badan.

Para ahli gizi menyarankan setiap hari usahakan mendapat asupan serat yang cukup sekitar 25-35 gram. Terpenuhinya kebutuhan serat dalam tubuh, maka proses pencernaan yang terjadi dalam tubuhpun akan berjalan dengan lebih baik.

Begitu banyak permasalah yang ditimbulkan akibat kurangnya asupan serat kedalam tubuh. Dibawah ini adalah masalah kesehatan akibat kurang serat:

1. Pencernaan Menjadi Tidak Sehat

Ada dua jenis serat didalam tubuh yaitu serat yang larut dan serat tidak larut. Kedua jenis ini sangat menguntungkan untuk tubuh kita, masuk didalam pencernaan tanpa harus dicerna.
Mengkonsumsi makanan kurang serat tapi mempunyai kandungan lemak yang tinggi akan menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Beberapa masalah yang akan muncul akibat kurangnya asupan serat adalah sembelit (konstipasi), wasir dan juga penyakit divertikular. Serat tidak larut akan menjaga usus agar dapat berfungsi dengan baik. Hal ini membuat buang air besar menjadi lancar dan mengungari resiko terkena penyakit kanker usus besar, diantaranya gandum, tepung gandum, kacang-kacangan dan sayuran.

2. Berat Badan Meningkat

Serat mempunyai fungsi penting dalam mengikat lemak yang masuk dalam tubuh dari makanan yang telah dikonsumsi, sehingga tubuh akan mudah mencerna dan membuang zat-zat sisa yang sudah tidak lagi dibutuhkan. Nah, perlu Anda ketahui ketika tubuh mengalami kekurangan serat, maka lemak yang berada dalam tubuh akan sulit untuk dikeluarkan dan akan mengendap, sehingga menyebabkan Anda menjadi gemuk atau berat badan Anda mengalami peningkatan.

Serat juga mempunyai sifat mengenyangkan setelah dikonsumsi, sehingga Anda tak akan terstimulasi ingin makan berlebihan yang merupakan faktor paling besar dalam menyumbang kegemukan atau kenaikan berat badan. Untuk mengatasi berat badan selain dengan mengkonsumsi banyak serat, dapat juga dilakukan dengan cara teratur berolahraga, mengurangi makan-makanan berlemak dan berkalori besar, minum banyak air putih dan banyak makan buah serta sayur.

3. Penyakit Kardiovaskular

Selain permasalahan diatas kurangnya asupan serat juga bisa berdampak fatal pada kesehatan bagian tubuh lainnya, dengan terjadinya kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, LDL dalam darah meningkat serta meningkatkan risiko penyakit arteri seperti penyakit jantung dan juga stroke.

Selain itu, serat juga mempunyai pengaruh besar terhadap tekanan darah seseorang. Beberapa studi menunjukan bahwa asupan serat tinggi yang masuk kedalam tubuh dapat menurunkan resiko tekanan darah, baik diastolik ataupun sistolik.

4. Diabetes

Kandungan serat rendah pada makanan seperti karbohidrat olahan akan dicerna dengan cepat oleh tubuh, sehingga dapat menyebabkan naiknya gula darah dalam tubuh. Sedangkan pada makanan yang tinggi serat akan memperlambat penyerapan gula. Dengan demikian, kadar gula darah didalam tubuh akan tetap stabil. Sebuah studi menunjukan bahwa serat makanan dapat mengurangi risiko diabetes tipe dua atau penyakit kencing manis.

Demikianlah beberapa gangguan kesehatan yang ditimbulkan dari kurangnya asupan serat dalam tubuh yang dituliskan oleh agen jual fiforlif semarang. Untuk itu, mulai menyertakan asupan makanan bergizi yang kaya akan serat sebagai cara menurunkan berat badan pada menu sehari-hari Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *